Eagle Release Socialization in Takokak village

Juni 2013

Pemberian informasi yang benar kepada masyarakat merupakan hal penting karena informasi merupakan petunjuk bagaimana seseorang dapat bertindak. Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) merupakan sebuah organisasi non pemerintah yang bergerak dibidang pelestarian satwa liar di Indonesia merasakan bahwa transfer informasi dari PPSC ke masyarakat sangatlah penting. Hal ini penting dalam membentuk pola fikir masyarakat yang mencintai satwa liar dengan sebenarnya, yaitu dengan membiarkan mereka hidup di alam.

Budiharti (in the middle) with Wanicare team performing socialization about wildlife

Budiharti (in the middle) with Wanicare team performing socialization about wildlife

Tim edukasi PPS Cikananga bekerjasama dengan Wanicare foundation mengadakan kegiatan sosialisasi dan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di daerah yang khususnya berdekatan dengan habitat satwa liar. Dalam kesempatan ini, Takokak, sebuah daerah berbukit dan memiliki keanekaragaman hayati yang cukup baik, merupakan daerah yang kami tuju untuk mendapatkan penyebaran informasi dan edukasi tentang pemahaman kehidupan satwa liar di alam. Sejak dahulu, masyarakat di sekitarnya telah menyimpan nilai-nilai santun dalam menghormati alam, sehingga hutan sebagai sumber penyimpan air dan sebagai habitat satwa liar dapat terjaga dengan rapih.

Maka sehubungan dengan akan dilepasliarkannya satwa liar jenis burung pemangsa, Elang ular bido di daerah Takokak, PPSC melakukan program edukasi dan sosialisasi baik kepada masyarakat setempat maupun anak sekolah. Hal ini dilakukan demi tercapainya nilai konservasi yang dapat dinikmati secara menyeluruh.

Posted in Home.